Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Workshop Pembuatan Akun Sinta dan Orcid untuk Menunjang Kinerja Penelitian

Workshop Pembuatan Akun Sinta dan Orcid untuk Menunjang Kinerja Penelitian

Pada hari Sabtu 23 November 2021, Universitas Nusa Mandiri melaksanakan Workshop Pembuatan Akun Sinta dan Orcid untuk Menunjang Kinerja Penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dari jam 09.00 hingga 11.00 WIB.

Workshop ini menghadirkan Nurajijah, M.Kom sebagai pembicara dan dipandu oleh Daning Nur Sulistyowati, M.Kom sebagai moderator, keduanya merupakan staff LPPM Nusa Mandiri. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendukung pemeringkatan Sinta di Universitas Nusa Mandiri dan validasi data penelitian dosen di lingkungan Universitas Nusa Mandiri. Para peserta yang menghadiri kegiatan workshop ini merupakan dosen-dosen dari kampus Nusa Mandiri yang berjumlah lebih kurang 200 orang.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Nusa Mandiri, Ida Zuniarti, SE, MM. Dalam sambutannya Ida Zuniarti, SE, MM menjelaskan bahwa manfaat akun Sinta dan Orcid akan memberikan ruang kontribusi kepada dosen sebagai peneliti dalam menambah jurnal atau karya ilmiah yang dibuat serta dapat digunakan sebagai penilaian kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan sitasi dengan mengindex seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi.

Setelah sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Nusa Mandiri, acara selanjutnya adalah menyimak pemaparan materi dari pembicara. Nurajijah, M.Kom memaparkan bahwa Sinta merupakan alat ukur kinerja penelitian di Indonesia sementara Orcid merupakan identitas unik sebagai peneliti. Dalam kesempatan itu juga ditayangkan peringkat Sinta Universitas Nusa Mandiri dari mulai bulan Januari 2020 yang berperingkat 196, hingga kini naik menjadi peringkat 67 pada Oktober 2021. Setelah pemaparan materi selesai, kemudian dilanjutkan dengan demo pembuatan akun Sinta dan Orcid yang diikuti oleh para peserta yang belum memiliki id Sinta dan Orcid.

Kegiatan terakhir di workshop ini adalah tanya jawab antara pembicara dan peserta. Di akhir sesi para peserta harus melakukan presensi secara daring dan harus menyertakan akun Sinta dan Orcid yang telah dimiliki atau yang telah didaftarkan pada saat workshop berlangsung.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri