Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Press Release Pengabdian Kepada Masyarakat / Beberapa Dosen dan Mahasiswa UNM Memberikan Edukasi Penggunaan Microsoft Office Excel Dalam Mengelola Data Administrasi Pada Karang Taruna Rw 06 Mampang Prapatan

Beberapa Dosen dan Mahasiswa UNM Memberikan Edukasi Penggunaan Microsoft Office Excel Dalam Mengelola Data Administrasi Pada Karang Taruna Rw 06 Mampang Prapatan

Dunia pendidikan berperan sangat penting dalam mendorong pembangunan dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pasal 20 UU no 20  tahun   2003 menyebutkan ada tiga dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Microsoft Excel. Di beberapa institusi pendidikan, Microsoft Excel mungkin sudah dikenalkan ke siswa Sekolah Dasar sebagai salah satu materi pelajaran. Meski sudah dikenalkan sejak dini, beberapa orang barangkali masih belum memahami dengan baik mengenai aplikasi ini, dibuktikan dengan merebaknya pelatihan dasar pengoperasian Microsoft Excel.

Atas dasar itulah dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dosen program studi Informatika fakultas teknologi informasi Universitas Nusamandiri memberikan Edukasi Penggunaan Microsoft Office Excel Dalam Mengelola Data Administrasi Pada Karang Taruna Rw 06 Mampang Prapatan pada mingu 25 September 2022 yang lalu, yang di laksanakan secara hybrid yaitu dilaksanakan secara luring dan sebagian peserta mengikuti secara daring dengan media zoom.

Untuk narasumber pada pelatihan ini materi disampaikan oleh Dosen Informatika yang sudah expert dalam pengolahan data dengan media database salah satunya Microsoft Excel, yaitu Bapak Biktra Rudianto, S.Kom,M.Kom

Acara di mulai jam 08.30 dibuka oleh pembawa acara yaitu ibu Siti Faizah, M.Kom dilanjutkan sambutan  Ketua RW 06 mampang prapatan Bapak. Farid Hilmani dan disambung dengan sambutan dari perwakilan panitia yaitu oleh Kepala Bagian Sistem Informasi Universitas Nusamandiri Bapak Ganda Wijaya, S.Kom, M.Kom. Selanjutnya Penyampaian Materi Oleh Bapak Biktra Rudianto,S.Kom, M.Kom dibantu oleh anggota tutor yaitu Verra Sofica, M.Kom, yang membahas seluk beluk microsoft office excel seperti penjelasan fitur-fitur umum dan macam-macam fungsi yang sering digunakan dalam kegiatan dasar di dunia perkantoran dan pendidikan. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan pemaparan materi.

Pelatihan ini sendiri bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan membekali peserta dengan penggetahuan tentang penggunaan microsoft office excel sebagai  alat bantu dalam memanajemen data pada karang taruna RW 06 Mampang Prapatan dengan harapan peserta bisa menerapkan hasil pelatihan dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatnya keterampilannya dalam mengoperasikan aplikasi Ms. Excel untuk melakukan penghitungan dengan formula canggih, Mengatur worksheet dan data tabel dengan menggunakan berbagai teknik, Membuat dan memodifikasi grafik, Menganalisis data menggunakan PivotTables dan PivotCharts, Masukkan objek grafis, Menyesuaikan dan meningkatkan workbook dan lingkungan Microsoft Excel.

Kesan yang peserta sampaikan dalam kuesioner yang diberikan oleh panitia yaitu berharap untuk selalu ada kegiatan pelatihan secara berkelanjutan, agar peserta mendapatkan ilmu secara positif serta menambah wawasan peserta.Kegiatan pengabdian masyarakat diakhiri dengan pemberian souvenir dari panitia kepada perwakilan peserta dan juga dilakukan foto bersama oleh para peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri. Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat bagi peserta dan mengedukasi tentang penggunaan Microsoft office sebagai alat bantu di lingkungan karang taruna RW 06 Mampang Prapatan.(brd).

About LPPM UNM