Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Dosen UNM Melakukan Pelatihan Pembuatan Grafik dengan Microsoft Excel 2016 Pada Pengurus dan Staff Pengajar TPQ UPEKA VI Tanjung Priuk

Dosen UNM Melakukan Pelatihan Pembuatan Grafik dengan Microsoft Excel 2016 Pada Pengurus dan Staff Pengajar TPQ UPEKA VI Tanjung Priuk

TPQ UPEKA VI merupakan salah satu wadah pendidikan yang belum memanfaatkan fasilitas pmbuatan grafik dalam kegiatannya. TPQ UPEKA VI merupakan sebuah lembaga yang bertujuan untuk memberikan edukasi yang bersifat keagamaan yang terletak di Jl. Sungai Bambu II B, RT 006/08, No. 24, Kel. Sungai Bambu, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam proses pengarsipan data, Pengurus TPQ UPEKA VI mengalami beberapa kendala, yaitu belum mengerti cara menyajikan data dalam bentuk grafik dengan Microsoft Excel 2016 dan keterbatasan pengurus TPQ UPEKA VI dalam pemanfaaatan fasilitas yang ada pada microsoft excel yaitu pembuatan grafik. Berdasarkan permasalahan tersebut, Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri, melaksanakan pelatihan dalam rangka tugas Tri Dharma yaitu Pengabdian Masyarakat dengan tema Pelatihan Pembuatan Grafik dengan Microsoft Excel 2016 Pada Pengurus dan Staff Pengajar TPQ UPEKA VI.

Microsoft Excel merupakan program aplikasi lembar kerja yang termasuk dalam bagian Microsoft Office seperti Word, Power Point, Access pada umumnya. Fungsi program excel untuk mengolah data secara otomatis seperti perhitungan, rumus, pemakaian fungsi, tabel, pembuatan grafik dan manajemen data.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan grafik yanga akan digunakan untuk penyajian data dalam bentuk grafik ataupun diagram. Metode yang digunakan yaitu metode tutorial, metode tanya jawab dan metode praktik.

Kegiatan Pengabdian masyarakat dilakukan setiap hari Sabtu, Tanggal 21 Mei, 28 Mei, 4 Juni & 11 Juni 2022 Waktu 09.00 – 11.30 WIB. Adapun lokasi kegiatan pengabdian masyarakat di  Aula Madrasah TPQ Babutthoyyib Jl. Papanggo 1C Rt.015 Rw.03, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14340. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Ibu Melan Susanti, M.Kom dengan Tutor  Hendri, M.Kom, Andi Saryoko, M.Kom, Nurul Khasanah, M.Kom yang dibantu oleh beberapa mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Eneng Rosmawati (12182369), Taufiq Al Azhari (12191009), Titan Shauqi Hidayat (12191016), Imam Ferdiansyah (12191022), Dani Rahmanda (12191030).

Hasil kegiatan ini adalah adanya peningkatan kemampuan dan keterampilan pembuatan dalam pembuatan grafik sehingga bisa membantu pengurus dan staff pengajar TPQ UPEKA VI dalam menyajikan data pada Microsoft excel, selain itu pengurus dan staff pengajar TPQ UPEKA VI dapat mengerti bagaimana langkah-langkah membuat grafik untuk selanjutnya digunakan sebagai pengetahuan dalam rangka peningkatan kemampuan dalam penyajian data yang akan dibutuhkan dalam presentasi maupun dalam proses pelaporan. (ASY)

About lppmnusamandiri