Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Dosen UNM Memberikan Pelatihan Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Administrasi Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani

Dosen UNM Memberikan Pelatihan Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Administrasi Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani

Kemajuan teknologi saat ini semakin cepat, sehingga semua pihak harus dapat dengan cepat untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang dilakukan dalam berbagai bidang. Peningkatan penguasaan ilmu dan teknologi tidak hanya dilakukan pada pendidikan formal, namun juga dapat dilakukan melalui pendidikan non formal. Keterampilan dalam penggunaan teknologi sangat membantu para pengguna dalam mengolah administrasi dan kegiatan pengolahan administrasi menjadi efektif dan efisien. Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani tidak memiliki background pendidikan komputer sehingga kurang terampil dalam melakukan proses administrasi.  

Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pada pengurus Yayasan Kopia Raya Insani tahapannya adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan yang terdiri dari dua tahap, tahap 1 edukasi mengenai penggunaan komputer, tahap 2 edukasi mengenai aplikasi untuk mendukung proses administrasi yaitu edukasi mengenai aplikasi apa saja yang dapat mendukung keterampilan administasi pengurus Yayasan Kopia Raya Insani, contoh penggunaan Microsoft Office (Word, Excel, dan Power Point). Tahap yang ketiga adalah Monitoring dan Evaluasi.

Tujuan pelatihan ini untuk membantu para pengurus Yayasana Kopia Raya Insani untuk meningkatkan keterampilan administrasi dalam surat menyurat maupun pengolahan dana masuk dan keluar. Kegiatan pengabdian Masyarakata dilaksanakan berupa pelatihan secara offline dan online dengan tema “Pelatihan Komputer  Untuk Meningkatkan Keterampilan Administrasi Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani”. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, Tanggal 12 Maret 2022 – 13 Maret 2022 Mulai dari jam 08.00 s/d 12.00 di  . Adapun Susunan panitia kegiatan pengabdian masyarakat adalah Ibu Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom sebagai penanggung jawab, Ketua Pelaksana Andi Saryoko, M.Kom, Tutor Retno Sari, M.Kom , Anggota Sartini, M.Kom, Sri Rahayu, M.Kom dan juga melibatkan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) Rina (11200244), Zilva Tyas Sabilla Hawa (11200306), Albert Daniel (12210546), Muhammad Dicky Kurniawan (12210384), Dea Amelia (12210379).

Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Pelatihan Komputer  Untuk Meningkatkan Keterampilan Administrasi Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani, yang dilaksanakan secara offline dan online menggunakan aplikasi Zoom Meeting  adalah :

  1. Bertambahnya wawasan tentang penggunaan aplikasi Microsoft Office, dalam meningkatkan keterampilan administrasi di Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani.
  2. Peserta mampu membuat surat menyurat maupun pengolahan dana masuk dan keluar dengan baik
  3. Pengolahan administrasi menjadi efektif dan efisien

Kegiatan pengabdian masyarakat pada Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani berjalan baik dan lancar. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan, dilaksanakan secara Offline dan Online menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertema Pelatihan Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Administrasi Pengurus Yayasan Kopia Raya Insani, memberikan manfaat kepada pengurus agar lebih terampil dalam hal administrasi. Dari kegiatan pengabdian masyarakat menghasilkan tercapainya peningkatan keterampilan administrasi melalui pelatihan penggunaan aplikasi Microsof Office pada pengurus Yayasan Kopia Raya Insani. Diharapkan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di waktu yang akan datang, kami selaku para dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM), dapat memberikan sumbangsih ilmu lainnya khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi, sehingga dapat bermanfaat terhadap masyarakat pada umumnya, dan civitas Universitas Nusa Mandiri (UNM) pada khususnya. (ASY/dkk)

About lppmnusamandiri