Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pelatihan Membangun Jaringan Komputer (Computer Networking) bagi Santri dan Pengurus Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh

Pelatihan Membangun Jaringan Komputer (Computer Networking) bagi Santri dan Pengurus Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh seorang dosen di samping tugas yang lain seperti pendidikan dan pengajaran, serta penelitian dan pengembangan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk tanggung jawab sosial dosen yang salah satu manfaatnya adalah memberdayakan lingkungan masyarakat sekitar agar mampu meningkatkan skill atau kompetensinya sehingga dapat mandiri dan bersaing dengan yang lain. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berlangsung demikian pesat, menjadi motivasi yang kuat agar mampu beradaptasi dan menguasai teknologi sehingga tidak tertinggal dengan yang lain.

Dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri dibantu oleh mahasiswa kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kepada para santri Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh yang bertempat di Markaz Rumah Tahfidzh Daar El-Huffadzh  dengan beralamat di Komplek Dolog Jl. Raya Kali Malang No. B 24 Rt.03 Rw.16 Duren Sawit Jakarta Timur. Kegiatan pelatihan komputer pada kesempatan ini dengan materi membangun jaringan komputer (Computer Networking) untuk para santri dan pengurus yayasan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2020.  Mengingat situasi dan kondisi saat ini yang masih pandemi Covid-19, maka kegiatan pembelajaran berlangsung secara virtual menggunakan aplikasi Zoom meeting. Pembelajaran diawali dengan pengenalan perangkat-perangkat jaringan komputer terlebih dahulu seperti kabel UTP, Connector RJ 45, Hub/Switch, Router Mikrotik RB 750, Network Card, Modem, Access Point dan lain sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan memahami topologi jaringan komputer seperti topologi cincin (ring), topologi Bus, topologi bintang (star) dan sebagainya.

Setelah penyampaian materi selesai kemudian dilanjutkan dengan praktek memasang connector RJ 45 pada kabel jaringan (kabel cross dan straight) untuk menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat jaringan serta setting pada perangkat Mikrotik RB 750.

Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan mengisi lembar kuisioner oleh para Santri Tahfidzh Daar El-Huffadzh untuk mengetahui sejauhmana proses pembelajaran yang sudah berlangsung. Mudah-mudahan ilmu yang sudah diberikan dapat bermanfaat dan diaplikasikan oleh para pengurus yayasan serta para santri dalam mengakses sumber pembelajaran online dan tentunya proses pembelajaran rutin dapat berlangsung secara lebih efektif dan efisien.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri