Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Aplikasi HARA Sebagai Media Visibilitas Dan Konektivitas Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani

Pemanfaatan Aplikasi HARA Sebagai Media Visibilitas Dan Konektivitas Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani

Universitas Nusa Mandiri merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta di Indonesia. Di era pandemi Covid-19 ini kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak dapat diselenggarakan secara langsung, namun hal ini tidak menyurutkan keinginan dosen-dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satunya adalah kegiatan Pelatihan dengan Pemanfaatan Aplikasi HARA Sebagai Media Visibilitas Dan Konektivitas Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani yang berlokasi di Jl. Sumur Mangga I 6-33, RT.006/RW.001, Gaga, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif sehingga penjualan pertanian pada Kelompok Wanita Tani Tangerang meningkat. Kelompok Wanita Tani Tangerang Kelurahan Larangan memiliki permasalahan dimana belum memiliki wadah untuk mengelola hasil pertanian yang dihasilkan. Kelompok Wanita Tani Tangerang belum memiliki wadah untuk menyalurkan bibit maupun hasil pertanian dimasa Covid-19 saat ini. Kami, selalu dosen memiliki kewajiban menjalankan Tri Dharma PT yaitu Pengabdian kepada masyarakat, akan melakukan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di Kelompok Wanita Tani Tangerang dengan dilakukannya Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi HARA Sebagai Media Visibilitas Dan Konektivitas Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani.

Kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi HARA ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 pukul 10:00-Selesai.

Kegiatan pelatihan ini juga dihadiri oleh Bapak Opik Bahrudin selaku Pembina Kelompok Wanita Tani Tangerang. Peserta terdiri dari anggota Kelompok Wanita Tani Tangerang, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Peserta juga didampingi oleh Tutor yaitu Ibu Khoirun Nisa, M.Kom, Ibu Anna Mukhayaroh, M.Kom, Ibu Rizki Aulianita, M.Kom, Ibu Adelia Alviyana, M.Kom dan Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri.

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Ibu Syifa Nur Rakhmah, M.Kom menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi HARA adalah untuk mengedukasi tentang cara menggunakan Aplikasi tersebut sehingga mengoptimalkan peran pengurus KWT di semua wilayah kelurahan hingga RW untuk membantu kebutuhan pangan masyarakat. Diharapkan para Kelompok Wanita Tani akan mengikuti perkembangan teknologi dan meningkatkan penjualan mereka.

About $T$

PPPM Nusa Mandiri