Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Dosen UNM Memberikan Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial Instragam Untuk Memperluas Media Komunikasi Dan Informasi Pada TPA Majlis Ta’lim Faizul Haq

Dosen UNM Memberikan Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial Instragam Untuk Memperluas Media Komunikasi Dan Informasi Pada TPA Majlis Ta’lim Faizul Haq

Sosial Media merupakan alat yang saat ini digunakan oleh hampir seluruh masyarakat mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa. Penggunaannya pun juga beragam mulai dari hanya sekedar alat untuk berkomunikasi, bertukar file sampai untuk berbisnis atau melakukan usaha. Bahkan selama terjadinya pandemic covid-19, Media social dijadikan salah satu alat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar disekolah mulai dari tingkat SD sampai perkuliahan.

Instagram adalah salah satu media social yang paling banyak diminati oleh para pengguna khususnya di Negara kita ini. Instagram memiliki ciri khas yang membedakanya dengan media social yang lainya seperti facebook,twitter maupun WhatsApp. Instagram menonjolkan fitur gambar dan video yang memudahkan pengguna untuk melihat aktifitas dan juga updatean terbaru dari orang yang diikuti. Selain Itu media Sosial yang efektif digunakan untuk promosi atau pengenalan suatu tempat, produk dan juga kegiatan-kegiatan yang yang lainya. Semua orang bisa menampilkan seluruh kegiatan atau aktifitas sehari-hari di instagram sehingga disampiang menyimpan data kegiatan secara online, instagran bisa dijadikan salah satu media promosi atau komunikasi yang sangat efektif.

TPA Majlis Ta’lim Nurul Haq Tangerang selatan, merupakan salah satu lembaga non formal yang memberikan manfaat sangat banyak untuk warga sekitar. Utamanya kepada anak-anak kecil yang melakukan kegiatan mengaji pada sore hari. Peserta didik yang berada di TPA Majlis Ta’lim Nurul Haq sebagian besar adalah anak-anak yang masih adalam usia sekolah dasar sampai menegah atas. Jumlah peserta laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan peserta didik perempuan.

Tri Santoso adalah salah satu dosen di Universitus Nusa Mandiri (UNM). Beliau juga sekaligus menjabat sebagai pelaksaan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diadakah di TPA Majlis Ta’lim Nurul Haq mengatakan bahwa “sudah saatnya lembaga-lembaga non formal yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas, memanfaatkan social media khususnya instagram untuk media promosi dan juga untuk menarik minat para calon santri atau peserta didik agar semakin ramai dan bisa memberikan lebih banyak manfaat”.

Untuk menjawab tantangan diatas, maka dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri melakukan pelatihan atau seminar tentang pemanfaatan media social khususnya Instagram untuk media komunikasi dan promosi pada TPA Majlis Ta’lim Faizul Haq.

Untuk memudahkan berjalanya pelatihan atau seminar maka kelompok dosen Nusa mandiri membagi tugas agar acara berjalan dengan baik dan lancar. Sulistianto sebagai narasumber menjelaskan materi dibantu oleh Syahriani sebagai dokumentasi dan juga beberapa mahasiswa yang ikut mensukseskan acara pelatihan atau webinar yang dilaksanakan pada sabtu 19 maret 2022. “Pelatihan atau seminar dilakukan secara daring, mengingat masih dalam situasi pandemik covid-19 sehingga masih menerapkan protocol kesehatan. Akan tetapi dengan dilaksanakannya penyuluhan terhadap para peserta didik tentang cara pemanfaatan penggunaan media social instagram untuk memperluas media komunikasi, diharapkan para peserta didik atau santri memiliki pengalaman terkait cara menggunakan media sosial dengan efektif” Ucap Ardian.

About lppmnusamandiri