Info RTP Live hari ini terupdate
Home / Berita Terbaru / Dosen UNM Memberikan Pelatihan Pembuatan Google Form Sebagai Media Informasi dan Pendaftaran Anggota Bagi Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI)

Dosen UNM Memberikan Pelatihan Pembuatan Google Form Sebagai Media Informasi dan Pendaftaran Anggota Bagi Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI)

Di era saat ini, penggunaan aplikasi komputer hampir semua pekerjaan kantor membutuhkannya. Perkembangan teknologi khususnya aplikasi komputer saat ini sangat membantu dalam pengolahan data, agar data yang diperoleh dapat disusun dengan rapi dan mudah dimengerti. Salah satunya pengolahan data menggunakan Google Form di Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) yang membutuhkan aplikasi yang mendukung agar data-data yang ditampilkan dapat di mengerti karena saat ini beberapa data yang ditampilkan masih terbilang manual, penggunaan aplikasi Google Form pada pengolahan data masih belum maksimal digunakan dikarenakan beberapa pengurus masih belum mengerti penggunaan dari Aplikasi yang digunakan.

Google Form sendiri merupakan aplikasi perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah, menyimpan, dan mengombinasikan data berbentuk dokumen. Data yang dapat diolah yakni, data digital berupa huruf, gambar dan angka. Perangkat lunak ini memiliki peran khusus dalam bidang perkantoran. Hal-hal yang berhubungan dengan data perkantoran akan diolah serta disimpan secara singkat dan detail di dalam Google Form. Metode yang digunakan dalam memberikan edukasi mengenai penggunaan dasar Google Form ini dilakukan dengan mengadakan workshop pada kegiatan pengabdian masyarakat sehingga peserta yang terdiri dari pengurus yang akan memproses data akan lebih mengenal pemanfaatan dari Aplikasi Google Form untuk membantu memproses data agar lebih rapi dan mudah dimengerti, sehingga dalam permintaan terhadap pembuatan pembelajaran daring di dunia setiap tahunnya cukup mengalami peningkatan. Sehingga kami sebagai tenaga pendidik di Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri ikut berpartisipasi dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat JPRMI DKI Jakarta dengan memberikan Pelatihan Pembuatan Google Form Sebagai Media Informasi dan Pendaftaran Anggota Bagi Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI).

Kegiatan berlangsung atas kerja sama Universitas Nusa Mandiri dan Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) pada hari Minggu, tanggal 27 Maret 2022 pukul 08.30-12.00 WIB melalui online via zoom meeting. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Bapak Setiaji, M.Kom, selaku Kepala Kampus UNM Damai yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Muklis, S.Sos selaku Ketua JPRMI DKI Jakarta, selanjutnya pengisian materi oleh ibu Laela Kurniawati, M.Kom, untuk anggota tutor terdiri dari Eni Pudjiarti, M.Kom, Verra Sofica, M.Kom, Hani Harafani, M.Kom, Siti Faizah, M.Kom dan 5 anggota lain dari perwakilan mahasiswa Program Studi Informatika Kampus UNM Damai, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 20 orang Anggota JPRMI DKI Jakarta sebagai peserta.

Kesan yang didapat selama kegiatan berlangsung seluruh peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan kegiatan webinar pelatihan, berharap untuk selalu ada kegiatan pelatihan atau workshop secara continue di setiap waktunya. Agar peserta mendapatkan ilmu secara positif serta menambah wawasan mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat diakhiri dengan pemberian souvenir dari panitia kepada Ketua JPRMI DKI Jakarta dan juga dilakukan dokumentasi bersama oleh para peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberi manfaat bagi anggota JPRMI DKI Jakarta serta dapat melatih dan mempelajari lebih jauh tentang penggunaan Google Form untuk memudahkan kegiatan mereka dalam pengolahan data.

About lppmnusamandiri