Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Group Sebagai Media Pendataan Penduduk Bagi Operator Pelayanan Kependudukan dan Karang Taruna Kecamatan Purbaratu

Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Group Sebagai Media Pendataan Penduduk Bagi Operator Pelayanan Kependudukan dan Karang Taruna Kecamatan Purbaratu

Senin, 17 Mei 2021 Dosen Universitas Nusa Mandiri melakukan Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Group Sebagai Media Pendataan Penduduk Bagi Operator Pelayanan Kependudukan dan Karang Taruna Kecamatan Purbaratu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini masih mengikuti protokol kesehatan, yakni dilakukan secara online menggunakan video conference by Zoom Meeting.

Gambar 1. Pembukaan Pelatihan

Berhubungan dengan protokol kesehatan, salah satunya adalah adanya batasan kunjungan di Kantor Kecamatan Purbaratu, sedangkan kebutuhan pendataan dan angka lahir semakin hari semakin bertambah. Tuntutan yang di hadapi terutama bagian Operator Pelayanan Kependudukan yang harus membuat laporan setiap harinya mengenai data penduduk, belum lagi tuntutan dari masyarakat karena data penduduknya ingin segera dibuat. Permasalahan tersebut terjadi di Kecamatan Purbaratu, banyak masyarakat yang kembali ke tanpa melakukan kunjungan pendataan penduduk dikarenakan kunjungan sudah melebihi batas maksimal perharinya. Ini berdampak terhambatnya pendataan penduduk untuk masyarakat di Kecamatan Purbaratu, sedangkan saat ini pendataan penduduk sangat penting untuk berbagai kebutuhan, misalnya data penduduk sebagai penerima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM), PKH (Program Keluarga Harapan) atau pun pendataan untuk kepengurusan KIP (Kartu Indonesia Pintar). Banyak kebutuhan yang harus segera di proses tetapi waktu terbatas dikarenakan kunjungan yang di batasi.

Gambar 2. Penyampaian Materi

Tujuan pengabdian masyarakat ini agar adanya komunikasi secara interaktif antara masyarakat dengan operator layanan kependudukan terutama di lingkungan Kecamatan Purbaratu dengan dibuatnya WhatsApp Group sehingga Operator Layanan Kependudukan Kecamatan Purbaratu yang di wakili oleh Bapak Agung Nugraha, S.T dapat memantau atau memberikan solusi terhadap masyarakat yang membutuhkan kepengurusan data kependudukan.

Gambar 3. Sesi Tanya Jawab

Adapun Ketua Panitia kegiatan pelatihan ini yakni Ibu Melisa Winda Pertiwi, S.T., M.Kom yang dibantu oleh Ibu Mira Kusmira, S.T., M.Kom sebagai Tutor serta melibatkan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri diantaranya Shafadinta Annisa Agustya, Diastika, Mokhamad Rizaldi, Dewi Ratna Sari dan Amanda Fitriani.

Gambar 4. Pembuatan WhatsApp-Group

Harapan dari kegiatan masyarakat ini, semoga bisa dapat membantu dan memudahkan semua pihak, baik bagian Operator Layanan Kependudukan maupun masyarakat di Kecamatan Purbaratu sehingga berbagai kebutuhan khususnya sosialisasi mengenai informasi data kependudukan lebih mudah disampaikan secara langsung kepada masyarakat melalui media WhatsApp Group. (MWP)

About Faruq Aziz