Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pembelajaran Online Menggunakan Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 Pada LKSA Nurul Iman

Pembelajaran Online Menggunakan Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 Pada LKSA Nurul Iman

Dimasa Pandemik Covid-19 yang saat ini sudah lebih satu tahun melanda Indonesia dan sangat berdampak terhadap proses pembelajaran, semenjak tahun lalu pembelajaran di Indonesia bahkan di dunia mulai membiasakan diri secara daring (online learning). Keputusan metode pembelajaran secara daring tersebut tentunya tidak menjadikan semua pihak penyelenggara pendidikan di Indonesia kemudian siap 100% khususnya di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Iman (LKSA Nurul Iman) media pembelajaran daring masih sangat awam yang sebelumnya mereka melakukan pembelajaran hanya menggunakan media grup WhatsApp.

Gambar 1. Pembukaan pelatihan

Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Mandiri mencoba membantu dari sisi pengenalan pembelajaran dengan melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara online dan sesuai dengan protokol kesehatan. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada minggu (02/05) yang bertemakan “pembelajaran online menggunakan Classroom pada staff pengajar dan siswa siswi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Iman (LKSA Nurul Iman)”.

Gambar 2. Penyampaian materi

Aplikasi yang digunakan untuk konferensi yaitu Zoom Meeting, khusus untuk peserta yang merupakan siswa dan siswi asuh dikumpulkan disalah satu ruangan untuk bergabung menggunakan aplikasi Zoom yang ditampilkan dilayar dengan infocus. Sebelumnya dosen juga mengirimkan perwakilan pada Yayasan guna membantu jalannya kegiatan dengan lancar serta menyiapkan materi dalam bentuk modul dan tutorial video pelatihan agar nantinya dapat dipelajari lagi setelah pembelajaran selesai.

Gambar 3. Tutorial pembuatan kelas

Kegiataan pengabdian masyarakat ini bertujuan sebagai wujud dan tanggung jawab dosen dalam menjalankan TRI Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat yang menjadi kewajiban dosen, sedangkan manfaat bagi peserta pelatihan yang telah diberikan oleh Dosen Universitas Nusa Mandiri, kedepanya para staff pengajaran LKSA Nurul Iman dapat memanfaatan media pembelajaran yang telah secara online di masa pandemik Covid-19, hal tersebut juga tentunya dapat menbantu staff pengajar nanti dapat  menyampaikan materinya kepada para siswa/i didiknya tidak ketinggalan materi pembelajaran di sekolahnya. Ujar Mareanus Lase Ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat dan Juga Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Mandiri Serta Anggota Dosen, Robi Sopandi, Muhammad Qomaruddin.

Gambar 4. Penyampaian undang siswa

“Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan media pembelajaran online menggunakan aplikasi Google Classroom ini sangat bermanfaat bagi staff pengajar Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Iman di mana saat ini kami memang sangat gagap teknologi karena tidak ada fasilitas untuk mengajarkan anak-anak yayasan seperti ini” Ujar salah satu peserta kegiataan pelatihan. “Kedepannya semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan bisa dilaksanakan secara offline / tatap muka agar lebih mudah dalam berinteraksi mengingat antusias peserta asuh yang sangat tinggi” imbuhnya.

Gambar 5. Sesi Akhir

Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan baik, diakhir sesi juga melakukan sesi foto bersama serta dosen telah menyiapkan materi dan video selama kegiatan yang sudah disesuaikan melalui cloud drive sehingga staff maupun siswa-siswi dapat mempelajarinya kembali.

About Faruq Aziz