Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Pelatihan Aplikasi Animaker Untuk Menunjang Pembuatan Media Penyuluhan Pada Sekretariat Kelurahan Kebon Bawang

Pelatihan Aplikasi Animaker Untuk Menunjang Pembuatan Media Penyuluhan Pada Sekretariat Kelurahan Kebon Bawang

Jakarta РPada semester Genap 2021 ini, Universitas Nusa Mandiri melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat  yang dilaksanakan secara online , sebagai alternatif cara yang digunakan didalam masa pandemi saat ini. Kegiatan kali ini bekerjasama dengan sekretariat kelurahan kebon bawang, Jakarta.

Kesekretariatan dapat diartikan sebagai keseluruhan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan perkantoran (surat-menyurat) dan tugas-tugas bantuan lainnya dalam rangka menunjang kelancaran pencapaian tujuan organisasi. Administrasi kesekretariatan adalah keseluruhan proses pelaksanaan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan perkantoran dan tugas-tugas bantuan lainnya, dalam rangka menunjang kelancaran pencapaian tujuan organisasi. Pada masa pandemi Covid-19 ini, seluruh kegiatan kesekretariatan secara luring dibatasi untuk pencegahan penularan.Sehingga administrasi kesekretariatan Kebon Bawang saat ini mengalami kendala dalam melakukan tugas secara offline. Sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh kesekretariatan kelurahan kebon bawang adalah semua kegiatan yang melikupi kegiatan surat menyurat maupun tugas lain seperti penyuluhan sebaiknya dilakukan secara daring. Oleh karena itu, Universitas Nusa Mandiri melakukan pengabdian masyarakat dengan tema pelatihan aplikasi animaker untuk menunjang pembuatan media penyuluhan pada sekretariat kelurahan kebon bawang.

Gambar 1. Penyampaian materi

Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu tugas dosen dalam melaksanakan Tridharma, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25  April 2021, diawali dengan adanya pembukaan dari kedua pihak sebagai sambutan dan pengantar, pelatihan ini diberikan dalam bentuk pemaparan oleh panitia dan juga tanya jawab diakhir pelatihan, dan juga pengisian kuesioner.

Gambar 2. Pengisian kuesioner

Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini walaupun dilaksanakan secara online namun pelaksanaannya diharapkan dapat menambah pengetahuan serta keterampilan bagi peserta dari sekretariat kelurahan kebon bawang. (SHI)

About Faruq Aziz