Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Pelatihan Canva Untuk Meningkatkan Skill Anggota Komunitas Yayasan Bukit Cahaya Indonesia

Pelatihan Canva Untuk Meningkatkan Skill Anggota Komunitas Yayasan Bukit Cahaya Indonesia

Gambar 1. Pelatihan Canva untuk meningkatkan skill

Jakarta – Ditengah masa pandemi ini, banyak kegiatan yang dilakukan secara digital termasuk informasi mengenai kegiatan tersebut pun disebarkan secara digital. Yayasan Bukit Cahaya Indonesia (YABISA) merupakan sebuah komunitas yang bersifat sosial yang melakukan kegiatan bakti sosial dan amal. Kesulitan atau kendala yang dialami oleh YABISA adalah kurangnya kemampuan anggota komunitas dalam membuat brosur digital yang menarik. Pembuatan brosur digital dimaksudkan untuk memberikan informasi dari kegiatan yang dilakukan oleh YABISA. Sebagai bentuk kegiatan Tri Dharma, Universitas Nusa Mandiri (UNM) melakukan pengabdian masyakarat dengan memberikan pelatihan online berupa Pelatihan pembuatan brosur digital dengan menggunakan aplikasi Canva.

Gambar 2. Cara akses Canva dengan berbagai platform
Gambar 3. Halaman awal aplikasi Canva

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 di Yayasan Bukit Cahaya Indonesia, yang berlokasi di Jalan Pondok Kacang Prima blok L4 no. 16 Rt 18/08 Kel Pondok Kacang Timur, Kec. Pondok Aren Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten jam 09:00 WIB. Peserta pada pelatihan ini adalah anggota komunitas. pelatihan dilakukan secara online dengan menggunakan konferensi Zoom, serta dengan pendampingan beberapa orang anggota panitia secara langsung di lokasi, sehingga peserta bisa langsung menerapkannya dengan perangkat ponsel masing-masing. Pada saat praktek berlangsung, peserta dapat bertanya secara langsung kepada panitia, sehingga pelatihan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu ibu Cahyani Budihartanti, M.Kom. bertindak sebagai moderator Jassica Marleftan yang membawakan acara dengan sangat baik dan sebagai pembicara tutor dari pelatihan ini adalah ibu Laila Septiana, M.Kom yang menyampaikan materi dengan jelas. Kegiatan ini juga didukung oleh dosen dan mahasiswa program studi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri yakni: Sri Rusiyati, S.E, M.M, Yumi Novita Dewi, M.Kom, Raden Bagus Dimas Putra, M.Kom, Zulia Kurniasari, Ratna, Jujun Junaedi, dan Ayu Hindayanti.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan diantaranya mengenakan masker, menjaga jarak dan melaksanakan pelatihan melalui Aplikasi Zoom. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan kemampuan SDM pada anggota komunitas Yayasan Bukit Cahaya Indonesia (YABISA).

Gambar 4. Foto bersama

About Faruq Aziz