Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Pemanfaatan Aplikasi Google Form Untuk Penunjang Kegiatan Dimasa Pandemi

Pemanfaatan Aplikasi Google Form Untuk Penunjang Kegiatan Dimasa Pandemi

Jakarta – Kondisi pandemi saat ini memaksa kita, termasuk warga RW 001 Kelurahan Buaran Indah, Tangerang untuk melakukan semua kegiatan dari rumah, demi mendukung peraturan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dan melakukan social distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, namun kondisi tersebut membuat pengurus RW sangat kesulitan mendapatkan informasi dan data tentang warganya.

Gambar 1. Pengabdian Masyarakat pada kelurahan Buaran Indah, Tangerang

Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu 3 April 2021, Sebagai kepedulian Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta khususnya program Studi Teknik Informatika terhadap perkembangan ICT di masyarakat yang saat ini sudah menjadi hal yang sehari-hari digunakan, Para Dosen dan Mahasiswa Program studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat ditengah kondisi Pandemi Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan secara online dengan tema “Pemanfaatan Aplikasi Google Form Untuk Penunjang Kegiatan Dimasa Pandemi” bagi pengurus dan warga di lingkungan RW 001 Kelurahan Buaran Indah, Tangerang.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan penggunaan teknologi informasi salah satunya pemanfaatan Google Form sebagai media pengumpul informasi untuk pengurus RW dalam menunjang kegiatan di masa Pandemi, agar pengurus RW mudah mendapatkan informasi dan data, serta membantu pemerintah dalam social distancing pada masa pandemi. dengan memberikan pelatihan dan edukasi kepada pengurus dan warga RW 001 kelurahan Buaran Indah, Tangerang.

Acara dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan sambutan Ketua Pelaksana yaitu Bapak Irwan Agus Sobari, M.Kom dan Sambutan Ketua RW Bapak Drs.H. Djunaedi, dimana materi disampaikan oleh beberapa orang Dosen tutor dari yaitu Bapak Fajar Akbar, M.Kom, Ibu Jenie Sundari, M.Kom, Ibu Normah, M.Kom, yang dibantu pula oleh rekan-rekan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang terdiri dari Fahmi Khatami, Niken Anjar Sari, Umar Ady Wijaya, Siti Ngatijah, serta Muhamad Agus Susanto, dan dihadiri oleh puluhan pengurus dan perwakilan warga RW 001, kelurahan Buaran Indah, Tangerang.

Gambar 2. Penyampaian materi

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta diakhir sesi juga perwakilan dari panitia membagikan souvenir sebagai kenang-kenangan. Mudah-Mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kedua belah pihak. Baik untuk kemajuan masyarakat dalam menambah pengetahuan dalam bidang IT dan keahlian dosen dalam berbagi ilmu. Semoga kegiatan Pengabdian Masyarakat dimasa yang akan datang dapat lebih inspiratif dan inovatif.

Gambar 3. Penyerahan souvenir

About Faruq Aziz