Home / Pengabdian Kepada Masyarakat / Pemanfaatan Media Online dan Mobile Computing Sebagai Sarana Dakwah Di Masa Pandemik Pada Mitra DKM Jami Darul Hikmah

Pemanfaatan Media Online dan Mobile Computing Sebagai Sarana Dakwah Di Masa Pandemik Pada Mitra DKM Jami Darul Hikmah

Setahun lebih negara Indonesia mengalami masa masa sulit karena adanya pandemi Covid-19. Banyak aktivitas keseharian yang dibatasi seperti bekerja, berdagang berkumpul dan belajar. Pembatasan ini dilakukan agar penyebaran virus Covid-19 dapat terputus. Pembatasan ini juga meliputi aktivitas pengajian dalam menyampaikan dakwah Islam. Aktivitas dakwah yang biasanya dilakukan secara langsung kepada masyarakat kini berubah dengan sistem online.

Gambar 1. Saran sistem dakwah dimasa pandemik

Dengan adanya permasalahan tersebut maka segenap dosen Universitas Nusa Mandiri melakukan sebuah kegiatan yang bertema Pemanfaatan Media Online dan Mobile Computing Sebagai Sarana Dakwah Dimasa Pandemik Pada Mitra DKM Jami Darul Hikmah dimana pada kegiatan tersebut diselenggarakan atas Kerjasama Dosen Universitas Nusa Mandiri Program Studi Sistem Informasi, Bagian LPPM Nusa Mandiri dan DKM Jami Darul Hikmah pada tanggal 03 April 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting sebanyak 20 peserta.

Pada kegiatan ini penyampaian materi lebih terfokus bagaimana cara melaksanakan aktifitas dakwah secara online pada masa pandemi. Pemanfaatan fitur Zoom Meeting dan Youtube sebagai sosial media dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan kegiatan dakwah tanpa harus berkumpul dalam satu tempat. Banyak para pendakwah yang sudah memulai dengan cara membuat kajian online atau memulai pengajian dengan cara live streaming menggunakan Youtube.

Selain memanfaatkan fitur online kegiatan ini juga dapat menghasilkan pendapatan tersendiri dengan cara memonetize channel dakwah yang dibuat Kegiatan ini pun sangat disambut baik oleh peserta DKM Jami Darul Hikmah. Hal ini dianggap sebagai terobosan baru dalam menyampaikan ilmu dan mensyiarkan dakwah. Mereka pun berpesan agar setiap kegiatan pengabdian masyarakat ini selalu memberikan ide-ide yang baik untuk tujuan dakwah Islam.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi berkah dan bermanfaat serta kami dapat mengeaplikasikan dan mengembangkannya dengan baik” ujar ketua DKM Jami Darul Hikmah.

Selama kegiatan, semua berjalan dengan hidmat dan lancar, diakhir sesi juga panitia membagikan beberapa bantuan untuk dakwah dan juga souvenir sebagai kenang-kenangan.

Gambar 2. Penyerahan bantuan dakwah
Gambar 3. Penyerahan souvenir

About Faruq Aziz