Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Info Dosen / Seminar Pengawasan Penggunaan Smartphone Untuk Keamanan Dalam Mengakses Internet/ Aplikasi Yang Digunakan Anak
Penggunaan Smartphone Untuk Keamanan Dalam Mengakses Internet

Seminar Pengawasan Penggunaan Smartphone Untuk Keamanan Dalam Mengakses Internet/ Aplikasi Yang Digunakan Anak

Kecangihan teknologi saat ini menjadi penomena yang menjadikan sebagian besar orang mengiginkan produk teknologi tersebut. Salah satu kecanggihan teknologi yaitu munculnya smartphone dengan fasilitas/fitur yang menarik perhatian penggunanya. Kemajuan teknologi di smartphone sangat cepat dan dibarengi dengan munculnya fitur yang bisa membius pengguna mulai dari orang tua, dewasa dan juga anak-anak. Saat ini anak kecil pun sudah  menggunakan dan mengenal smartphone yang canggih dikarenakan kebutuhan jaman sekarang sudah berubah dan juga cara didik orang tua yang mengijinkan anak- anak dalam menggunakan smartphone. Misalnya, saat ini untuk anak kecil sudah diberikan menonton video dari youtube, aplikasi kreatif, chatting, media sosial dan juga games. Oleh sebab itu dibutuhkan pengawasan extra untuk menghidari anak dari hal yang tidak dinginkan.

Untuk mendukung pengawasan penggunaan smartphone pada anak, Para pengajar di Program Studi  Teknik Informatika- STMIK Nusa Mandiri Jakarta telah melakukan pengabdian masyarakat dengan tema “Pengawasan penggunaan smartphone untuk keamanan dalam mengakses  internet/ aplikasi yang digunakan anak”. Peserta pengabdian masyarakat kali ini yaitu Ibu PKK yang ada di lingkungan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalideres. Peserta sangat antusias dalam acara ini karena membantu orang tua dalam pengawasan anak dan berharap bisa mengimplementasikan pengawasan anak dalam menggunakan smartphone.

Penyampain materi oleh Irwan Agus Sobari, M.Kom, tentang trik Pegamanan Smartphone

Nara sumber dalam seminar pengawasan penggunaan smartphone memaparkan materi mulai dari pengenalan teknologi smartphone dan juga perkembangan teknologi smartphone, ancaman yang dihadapi dalam menggunakan smartphone, cara mengatasi dari ancaman tersebut, serta trik cerdas dalam melakukan pengaturan setting smartphone sehingga aman digunakan oleh anak-anak dalam browsing dan juga dalam menggunakan aplikasi yang ada di smartphone tersebut.  Kendala yang dialami dari tutor maupun anggota tutor adalah masih minimnya pengetahuan orang tua dalam menggunakan smartphone dan juga masih ada beberapa orang tua yang belum pernah menggunakan smartphone.

Dengan adanya seminar pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi/ penyuluhan kepada orangtua dalam hal mengontrol penggunaan smartphone dalam mengakses internet dan juga aplikasi lainnya sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan. Pengabdian masyarakat ini juga menjadikan orangtua yang smart untuk membimbing/ mengontrol anak dalam mengunakan smartphone. Ketika pengawasan dilakukan sejak dini maka akan menghasilkan anak-anak yang kelak menjadi seseorang yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan juga masyarakat secara umumnya.

About lppmnusamandiri