Info RTP Live hari ini terupdate, situs agen sbobet resmi terpercaya
Home / Berita Terbaru / Sosialisasi Dampak Penggunaan Sosial Media Untuk Anak-Anak Kelurahan Tegal Parang Jakarta Selatan

Sosialisasi Dampak Penggunaan Sosial Media Untuk Anak-Anak Kelurahan Tegal Parang Jakarta Selatan

Awal tahun 2020  dunia digemparkan dengan merebaknya jenis virus baru dengan nama Coronavirus Diseases 19 (COVID-19) dimana penyebaran virus ini mengakibatkan semua pihak menjadi korban dari wabah virus ini. Salah satunya dampak yang dirasakan oleh para pelajar karena mereka harus melakukan pembelajaran dari rumah.  Terlebih lagi banyak pelajar yang tidak terbiasa belajar secara online. Pembelajaran yang dilakukan secara online mengakibatkan pembelajaran yang kurang efisien dan sulitnya dalam memahami materi.  Sistem pembelajaran online ini membawa dampak besar dalam dunia pendidikan sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal.

            Penggunaan sosial media di masyarakat sudah sangat besar dampaknya baik positif maupun negatif. Ditambah lagi dengan adanya pandemi covid-19, penyebaran perihal berita yang berkaitan dengan covid-19 semakin sulit dikendalikan. Sosialisasi dampak penggunaan sosial media sangat dibutuhkan saat ini khususnya untuk anak usia sekolah dapat memilih informasi yang mereka dapatkan. Untuk menunaikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan ini Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri melaksanakan Pengabdian Masyarakat. Hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian  setiap  lembaga atau institusi yang bergerak  di bidang pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi. Pada hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Maret 2021 Mahasiswa dan Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada anak-anak Kelurahan RT 010/003 Tegal Parang Jakarta Selatan. Pengabdian masyarakat ini diadakan atas dasar kepedulian terhadap masyarakat khususnya anak usia sekolah agar tidak menerima informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Penggunaan Teknologi Informasi di masyarakat sudah menjadi hal sehari- hari yang digunakan, tetapi pembatasan dalam penggunaan teknologi informasi khususnya sosial media masih sangat masif.

Pada saat Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, ada beberapa dosen yang ditugaskan untuk berada ditempat kegiatan yaitu untuk mengatur jalannya kegiatan dan sebagian mahasiswa dan dosen mengikuti kegiatan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini dimulai pada jam 10.00 wib yang dibuka oleh moderator yaitu Ibu Siti Nur Khasanah dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Bapak Arif Rusman, M.Kom, beliau berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan sosial media dengan sebaik-baiknya.

Pada pukul 10.30 wib dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang sosialisasi dampak penggunaan sosial media karena semakin aktifnya penggunaan sosial media khususnya anak-anak ketika di masa pandemi Covid-19. Selama kegiatan berlangsung melalui aplikasi Zoom peserta terlihat sangat bersemangat dan antusias sekali dalam mengikutinya begitu juga untuk para mahasiswa dan dosen.

Pada hari pertama kegiatan, materi yang di sampaikan yaitu mengenai bagaimana cara memanfaatkan internet sehat dalam kehidupan sehari-hari dan memaparkan dampak positif dan negatif dari penggunaan sosial media, dampak positifnya yaitu kemudahan mengakses materi untuk tugas sekolah, bahan diskusi dari materi pelajaran di sekolah, sebagai media komunikasi, memperluas jaringan pertemanan dan juga sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan sedangkan dampak negatifnya yaitu anak- anak banyak yang menjadi anti sosial, dimana mereka terlena oleh keasyikan berbincang dalam sosial media dibandingkan bertatap muka langsung dalam dunia nyata (tutur kata Bapak Sulaeman Hadi Sukmana).(Sabtu, 13 Maret 2021)

Pada hari ke dua Bapak Sulaeman Hadi Sukmana menyampaikan materi mengenai cara membuat konten menarik yang bisa menghasilkan income dan juga bermanfaat yang dapat dilihat dan di sukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa pada masa pandemi ini yaitu dengan memanfaatkan media sosial Youtube. (Minggu, 14 Maret 2021).

Pada akhir kegiatan perwakilan dari Kelurahan RT 010/003 Tegal Parang Jakarta Selatan mengucapkan banyak terima kasih bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat memberikan manfaat sekali bagi anak-anak sehingga mendapatkan pengetahuan baru dan mengetahui dampak dari penggunaan media sosial. (Minggu, 14 Maret 2021)

About Faruq Aziz